Senin, 17 Maret 2014

Buggy


Buggy "Badut" adalah seorang legenda hidup bajak laut merupakan kapten Bajak Laut Buggy sekaligus pemimpin aliansi Buggy dan Alvida. Dulunya, ia dan juga Shanks termasuk salah satu mantan kru Roger, raja bajak laut yang mendominasi Grand Line. Tak lama setelah perang Marineford, namanya kemudian menjadi terkenal lalu diangkat menjadi Shichibukai yang baru dengan julukan "Buggy si Bintang Badut". Ia juga merupakan pemimpin organisasi "Pirate Dispatch Society".
Buggy pertama kali muncul dalam Chapter 9 Episode 4sebagai antagonis utama dalam cerita Orange Town. Ia kemudian menjadi salah satu protagonis yang turut membantuMonkey D. Luffy saat melarikan diri dari penjara Impel Down. Sepanjang seri berjalan, Buggy ditampilkan sebagai karakter berulang yang sering muncul dalam cerita One Piece.

Penampilan
Buggy adalah pria yang tidak begitu tinggi, ramping namun berotot, berambut biru dengan penampilan keseluruhan menyerupai badut seperti julukannya. Hidungnya yang bulat besar merah mirip hidung badut, dan pada kenyataannya merupakan hidung aslinya. Wajahnya selalu ditutupi riasan seperti badut, dengan motif yang sering berganti. Ia memakai pakaian khas kapten bajak laut, dengan topi jolly rogernya serta jubah bulu yang menggantung. Bajunya garis-garis merah putih dan celana longgar hingga betis, dengan selempang di leher, sarung tangan putih, kaus kaki garis-garis serta sepatu ujung melengkung. Selama di Impel Down, Buggy memakai seragam tahanan putih hitam seperti yang lain, lalu menambahkan sebuah jubah marinir dengan simbol dicoret saat melarikan diri.

Karakteristik
Buggy adalah bajak laut yang sangat mencintai harta karun. Saat muda, mimpinya menjadi bajak laut yang memiliki seluruh harta di dunia. Ia menganggap bahwa emas, perak dan perhiasan adalah "harta paling berharga". Pendapat yang hingga kini tampak tidak berubah meski selama 22 tahun. Dalam suatu peristiwa ia tanpa sengaja menelan Buah Iblis dan tak dapat berenang lagi, menyebabkan ia kemudian mengalihkan fokusnya pada harta yang ada di daratan. Selain itu ia sangat menyukai pesta dan bergembira ria, serta mengagumi orang-orang yang memiliki kecintaan serupa.
Hidung merahnya adalah salah satu yang membuat ia sangat sensitif. Ia pernah menghancurkan seisi kota ketika beberapa anak kecil mengolok-olok hidungnya. Kadang kala ia sering salah mempersepsikan perkataan orang lain, menganggap mereka mengatakan sesuatu tentang hidungnya yang membuat ia cepat naik darah. Ia sangat cerdik memanfaatkan situasi, berpura-pura tampil pintar untuk menutupi ketidakmampuannya. Ia dapat mengambil keuntungan besar memanfaatkan sorak-sorai para tahanan Impel Down yang terkesan dengan sejarahnya bersama kru Roger, dan juga koneksinya dengan Yonko Shanks. Meskipun tidak dalam pengertian benar-benar "lemah", kepercayaan dirinya mudah timbul jika seseorang mendorongnya, membuatnya yakin untuk melakukan sesuatu termasuk hal-hal yang tidak masuk akal, seperti keberanian melawan Shirohige ataupun ambisi berlebihan menjadi raja bajak laut yang baru.
Dalam manga versi aslinya, Buggy ditampilkan memiliki kebiasaan sering menggunakan istilah "hade ni" secara harfiah berarti "dengan lantang") saat menyatakan sesuatu. Seperti kebanyakan karakter One Piece lainnya, Buggy juga memiliki gaya tawa yang unik dengan "Gyahahahaha..."

Kekuatan
Di awal seri ia tampil sebagai karakter yang cukup tangguh walaupun masih lebih lemah jika dibandingkan beberapa karakter yang muncul kemudian. Saat masih menjadi kru Roger, Buggy setidaknya adalah petarung handal yang mampu bertahan dari semua pertempuran besar Roger; seperti melawan kru Shirohige maupun kru Shiki, serta bahaya ekstrim Grand Line lainnya. Ia kemudian diangkat menjadi Shichibukai setelah Pemerintah Dunia menganggapnya cukup kuat dan populer untuk mengintimidasi bajak laut lainnya setelah perang.

Buah Iblis

Buggy memakan Buah Iblis "Bara Bara no Mi", tipe Paramecia yang memungkinkan ia untuk memisahkan bagian-bagian tubuhnya dan dapat mengontrol tiap-tiap bagian secara terpisah. Namun kontrolnya hanya terbatas dalam suatu jarak tertentu sedangkan kedua kaki harus tetap di lantai selama ia menggunakan kekuatannya.
Saat Buggy menggunakan kekuatannya, tubuhnya akan tercerai berai dan beterbangan di udara kecuali kakinya. Meski bagian-bagian tubuh itu terpisah, namun Buggy masih dapat merasakan tiap bagian yang terpisah; seperti contoh saat Luffy menggelitik bagian kakinya. Dengan kemampuan ini, Buggy akan kebal terhadap jenis pemotongan maupun serangan pedang apapun. Namun kemampuannya memiliki kelemahan terutama jika tubuhnya terpisah terlalu jauh maka ia akan kehilangan kontrol atas bagian tersebut.

Senjata

Pisau

Buggy tampaknya sangat menyukai senjata tajam; khususnya pisau. Saat melawan Luffy di awal seri, ia menggunakan tiga pisau sekaligus di sela-sela jari pada kedua tangannya. Berkat kekuatan Bara Bara, pisau tersebut dapat meluncur bersama tangannya dan berputar seperti "bumerang" yang dapat kembali. Buggy rupanya menyimpan beberapa yang disembunyikan di sarung tangannya dan dapat dimunculkan saat mereka diperlukan. Ia juga memiliki senjata serupa diujung kakinya yang tersembunyi di balik sepatu dan digunakan untuk menerjang musuhnya. Selain itu, ia pernah memakai pedang; seperti saat usahanya mengeksekusi Monkey D. Luffy di Loguetown. Di Impel Down, Buggy awalnya memegang kapak yang diambil dari salah satu Blugori, tapi setelah kehilangan itu, ia mempersenjatai diri dengan empat pedang serta sebuah senapan.

Bola Meriam

Buggy mempersenjatai dirinya dengan meriam besar yang dinamakan "Buggy-Dama"; yaitu sebuah kanon dengan bola meriam khusus berlambang jolly rogernya. Meriam ini sangat eksplosif dan dapat menghancurkan sebaris bangunan sekaligus. Kemudian saat di Impel Down, bola meriam ini dimodifikasi dalam bentuk lebih kecil yang dinamakan "Muggy-Dama". Bola ini diklaim memiliki daya ledak serupa dan tersimpan dalam tubuh Buggy pada bagian kakinya.

Riwayat

Menjadi Awak Kru Roger

Lebih dua puluh tahun yang lalu, Buggy adalah kru Bajak Laut Roger, raja bajak laut yang mendominasi Grand Line. Di atas kapal Oro Jackson, ia dikenal dekat dengan Shanks dan sering menghabiskan waktu dengan bertengkar terus menerus (dalam kilas balik mereka berdebat tentang kutub utara dan selatan) ataupun berbincang-bincang tentang rencana mereka ke depan. Kemudian saat serangan ke kapal musuh, Buggy menemukan peta yang menandai lokasi harta karun bawah laut. Ia menyembunyikan peta itu untuk dirinya sendiri. Pada serangan yang sama, mereka berhasil menemukan Buah Iblis dan Buggy menantang untuk memakannya. Telah mengetahui nilai buah, Buggy mengganti buah dengan yang palsu sementara yang asli ia simpan untuk dijual. Namun Shanks tiba-tiba datang mengejutkannya menyebabkan ia tanpa sengaja menelan buah yang asli. Akibatnya Buggy kehilangan kemampuan berenang untuk selamanya, dan demikian ia juga kehilangan kesempatan mendapatkan harta karun di bawah laut. Peristiwa ini kemudian terus diingat Buggy sebagai alasan perseteruannya dengan Shanks.
Sekitar dua puluh enam tahun sebelum cerita saat ini, Roger diketahui mengidap penyakit yang tak dapat disembuhkan. Selama tiga tahun ke depan, mereka pergi mendominasi Grand Line. Saat Bajak Laut Roger akan bertempur dengan Bajak Laut Shiki di selat Edd, Buggy menjadi satu-satunya yang menyarankan menyerah. Setelah Roger menyandang gelar "Raja Bajak Laut", ia akhirnya membubarkan krunya secara rahasia sebelum kemudian menyerahkan diri kepada Angkatan Laut satu tahun kemudian. Kemudian satu persatu kru menghilang.
Shanks dan Buggy terakhir kali terlihat satu sama lain saat pelaksanaan eksekusi kapten mereka di Loguetown. Sebelum berpisah, Shanks menawarkan Buggy untuk menjadi krunya namun Buggy menolak. Buggy kemudian berjuang sepuluh tahun untuk membentuk krunya sendiri, Bajak Laut Buggy.

Cerita Orange Town

Buggy pertama muncul sebagai kapten Bajak Laut Buggy sedang meneror kota Orangetown. Marah karena krunya gagal mendapatkan peta kembali dari Nami, Buggy mulai menghancurkan seisi kota dengan meriam. Kemudian Nami muncul mengembalikan peta sambil berpura-pura akan bergabung dengan menyerahkan Luffy yang terikat. Ia menguji kesetiaan Nami untuk menembak Luffy, namun Nami balik melawan dan memukul beberapa kru Buggy. Di saat yang tepat, Roronoa Zoro muncul membantu dan berhasil menembak balik seluruh kru Buggy.
Buggy memerintahkan krunya untuk mencari kru topi jerami sambil menghancurkan bangunan kota dengan tembakan meriam. Walikota Orangetown muncul untuk menghentikan aksi Buggy, disusul Luffy, Zoro dan Nami. Setelah pertarungan Zoro dan Cabaji, Buggy kemudian bertarung melawan Luffy. Di sela pertarungan, Buggy mencoba mengejar Nami yang mencuri harta miliknya. Namun dengan bagian tubuh yang terpisah terbukti fatal bagi Buggy. Ia tak berdaya karena Nami mengikat sisa tubuhnya. Luffy kemudian memukul Buggy yang lebih kecil dan mengirimnya terbang jauh ke luar pulau.

Petualangan Anggota Bajak Laut Buggy

Setelah dikalahkan Luffy, Buggy terpisah dengan bagian-bagian tubuhnya. Ia mendarat di sebuah pulau dimana ia mencoba menangkap bayi burung raksasa. Namun sang induk muncul dan membalas Buggy lalu memakannya. Karena terasa buruk, ia meludahkan Buggy hingga ke Pulau Hewan Langka. Di sana Buggy bertemu Gaimon lalu mereka berduel. Situasi kemudian berubah dan ia berteman akrab Gaimon. Setelah membuat rakit, Buggy meninggalkan pulau untuk menemui krunya namun dihadang kepiting raksasa. Seorang wanita misterius muncul menyelamatkannya lalu menawarkan aliansi untuk menemukan Luffy.
Buggy dan sang wanita sampai di pulau dimana mereka menemukan kuburan Buggy serta Mohji dan Cabaji tergeletak lemah setelah berduel. Setelah reuni singkat, Buggy bersama lainnya menjelajahi pulau. Mereka menemukan sisa kru Buggy sedang dimasak oleh suku "kanibal" Kumate. Buggy menyelamatkan sisa krunya dan mengalahkan seluruh suku Kumate. Setelah berkumpul kembali, Bajak Laut Buggy melanjutkan perjalanan untuk memburu Luffy.

Cerita Loguetown

Bajak Laut Buggy dan Alvida tiba di Loguetown dan menemukan Luffy sedang diatas platform eksekusi. Setelah diperangkap Cabaji, Buggy bergegas melakukan niatnya mengeksekusi Luffy. Kemudian petir tiba-tiba datang menyambar dan membebaskan Luffy sementara Buggy tergolek hangus di tanah. Buggy dan kru kembali mencoba mengejar Luffy, namun kali ini mereka tertangkap Kapten Angkatan Laut Smoker. Sebuah badai besar tiba-tiba datang dan membebaskan semua kru. Buggy kemudian memutuskan mengikuti Luffy menuju Grand Line.

Cerita Pulau Jaya

Di sebuah pulau asing, Buggy dan kru memasuki sebuah gua untuk mencari harta karun legendaris "Kapten John". Di tengah pencarian, sekelompok penambang lokal muncul dan salah mengenali mereka sebagai rekannya lalu mengajak untuk ikut menggali terowongan. Namun Buggy terlambat bereaksi dan ikut bekerja bersama-sama mereka. Saat tersadar, Buggy marah besar lalu meledakkan mereka semua.
Kembali di atas kapal, bawahannya mengingatkan Buggy bahwa mereka mendapatkan informasi yang salah dan tak menemukan harta karun yang dimaksud. Mereka kemudian membicarakan poster buronan Luffy dan Zoro yang baru, tentang bagaimana mereka menjadi terkenal. Buggy menenangkan krunya bahwa nilai bounty nya akan jauh lebih tinggi saat ia mengalahkan Luffy nantinya. Merayakan "strategi cerdas" sang kapten, para kru memutuskan untuk berpesta sampai malam. Alvida kembali mengingatkan bahwa mereka tak mengetahui keberadaan Luffy. Seseorang di dalam pesta menyela dan mengklaim memiliki informasi tentang Luffy.
Orang itu kemudian memperkenalkan diri dengan nama "Ace". Cabaji dapat mengenalinya sebagai Ace si Tinju Api, komandan ke-2 Bajak Laut Shirohige. Ace tiba-tiba jatuh tertidur. Mohji mendorong Buggy untuk menyerang Ace, mengambil kesempatan menjadi terkenal. Namun Buggy menentang gagasan itu, mengatakan bahwa mereka tidak boleh mengganggu anak buah Shirohige. Buggy menjelaskan bahwa ia tahu banyak tentang Shirohige dan kebiasaannya. Setelah Ace bangun kembali, mereka melanjutkan pestanya dan Ace dengan cepat menjadi teman mereka.

Cerita Amazon Lily

Buggy kemudian terlihat pada sebuah surat kabar yang dibaca nenek Nyon. Artikel tersebut memberitakan tentang Buggy yang telah ditangkap setelah salah memasuki gua yang disangka sebagai tempat harta karun "Kapten John", yang ternyata markas Angkatan Laut. Ia kemudian dikirim ke Impel Down dan dipenjara disana.

Cerita Impel Down

Buggy terlihat di Level 1 Impel Down sedang mengendap-endap bermaksud melarikan diri. Namun aksinya tertangkap video Den Den Mushi dan diketahui para penjaga. Ia kemudian dikejar para Blugori dan tanpa sengaja bertemu Monkey D. Luffy. Awalnya Buggy bermaksud melarikan diri sendiri namun setelah melihat gelang peta tanda harta karun "Kapten John" di tangan Luffy, ia membuat kesepakatan untuk membantunya mencapai Level 4 untuk ditukar dengan gelang.
Mereka terjatuh di sebuah hutan yang berduri dan melalui sebuah lubang, Buggy dan Luffy berhasil sampai Level 2. Di Level 2, Buggy kemudian mengakui jika ia berbohong demi mendapatkan gelang dan tak tahu caranya untuk sampai di Level 4.


1 komentar:

  1. 1xBet korean bookmaker review - Online betting sites
    1xbet was founded back in 2004 and now it's worrione becoming one of หาเงินออนไลน์ the most reputable online betting 1xbet korean sites on the internet! This site is owned and operated

    BalasHapus